Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dan kekuatan fisik merupakan ciri pribadi muslim yang baik. Hal inilah yang mendasari Yayasan Sintesa Indonesia membuat acara tahunannya Resolusi (Kreasi Sobat Muslim Sintesa) dengan mengambil tema tadabur alam.

Acara yang mengambil waktu satu hari penuh ini, pada hari jumat (14/4), diisi dengan kegiatan-kegiatan menarik berpetualang di alam bebas (outing) di daerah objek wisata bumi perkemahan Sukamantri Bogor. Acara ini diikuti oleh 20 orang siswa siswi muslim dari sekolah menengah di Kota Bogor.

Acara diawali dengan berkumpulnya para peserta di depan Sekretariat RPPI (Rumah Peradaban Pelajar Indonesia), jalan Polisi no.1 Bogor, yang menjadi titik awal keberangkatan mereka menuju Desa Sukamantri. Acara kemudian dibuka dengan sambutan oleh Rama Adeyasa, Ketua Yayasan Sintesa Indonesia. Setelah itu dilakukan pembagian kelompok yang terdiri dari 2 kelompok besar ikhwan dan akhwat. “Kelompok ini nantinya akan diberikan tugas dan misi selama berjalannya acara”, ujar Rama yang memaparkan gambaran umum tentang acara.

Tiba di lokasi, peserta dipandu utk melakukan pemanasan dan membuat yel-yel penyemangat, kemudian memulai perjalanan mini outbond dengan target menyelesaikan misi mereka. Dlm perjalanan outbond, panitia sdh menyiapkan 4 pos dengan tantangan berbeda-beda di tiap posnya, lalu diakhiri dengan perjalanan menuju curug (air terjun).

Dengan adanya misi dan tantangan ini, para peserta turut dilatih utk memperhatikan kondisi peserta lain dlm kelompoknya sehingga bisa saling membantu dan bekerjasama satu sama lain. Selain itu misi juga bertujuan mengenalkan edukasi alam kepada peserta.

Kondisi jalan berbatu, tanah licin, jalan landai maupun curam, tidak menyurutkan semangat mereka utk menyelesaikan misi. Kondisi alam yg indah pun seperti padang rumput, kebun, tumbuhan paku, hutan pinus, turut menemani perjalanan mereka. Di sepanjang perjalanan banyak juga peserta yang mengabadikan moment dengan smartphone mereka masing-masing.

Setelah beristirahat dan menggelar sholat berjamaah, peserta melanjutkan perjalanan menuju curug. Perjalanan ini lebih menantang dari yang sebelumnya. Meskipun demikian, kesulitan terbayar dengan suasana curug yang indah, sejuk, dan menyenangkan.

Acara kemudian ditutup di sore hari dengan presentasi tentang misi yang sudah dicapai, pembagian hadiah dan tukar kado. “Acaranya seru! Menyehatkan dan tak terlupakan”, komentar salahsatu peserta bernama Ja’far dari SMAN 1 Bogor.